Gunung Bunder Bogor

Gunung Bunder Bogor 

Mungkin sering denger dengan nama GB ( Gunung Bunder ) , kenapa disebut gunung bunder kalo menurut saya karena pintu masuk depan maupun pintu masuk belakang tujuannya sama tergantung rute desa yang anda lalui.

Jarak tempuh sekitar + 20 km dari pintu tol Sentul - Kedunghalang, lokasinya berada di kecamatan pamijahan kabupaten bogor.
Rutenya mudah begitu anda keluar dari pintu tol Sentul - Kedung Halang ambil arah yasmin / Bubulak ikutin jalan kearah kampus IPB Dramaga dan lurus terus hingga arah ciampea lalu terus hingga melalui cibungbulang.Jangan lupa liat papan penunjuk arah karena sangat jelas terpasang.

Dari Pertigaan jalan Raya Ciampe - Lewiliang sekitar 30 menit sampai dipintu masuk kawasan Gunung Salak Endah / Gunung Bunder.
Tarif terbaru masuk kawasan Motor dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 10.000 dan 2 Orang Rp. 15.000 jadi sekali masuk siapkan uang Rp. 25.000 untuk weekend. 

Dilokasi Gunung bunder banyak curug - Curug yang bagus, disana tersedia juga area camp untuk yang mau sekedar bermalam, ala - ala manjat gunung disana bisa kox buka tenda, jangan lupa persediaan makan dan peralatannya yah!.

Sepanjang perjalanan ke curug satu dan kecurug yang lain mata kita akan disuguhkan pepohonan yang hijau, pohon Pinus dan kalau habis hujan pasti gelap dengan kabut.




Curug - curug yang ada dikawasan Gunung Bunder ada Curug Seribu, Curug Ngumpet, Curug Cigamea, Curug Cihurang, Curug Pangeran, Curug Kondangan, Curug Alami Dan ada Kawah Ratu.

Kebetulan yang saya kunjungi Curug Ngumpet, dipintu masuk curug kita akan dikenakan lagi biaya masuk 1 Orang Rp. 7.500, jarak dari pintu masuk ke curug ngumpet tidak terlalu jauh sekitar + 100 Meter. Ketinggian Curug tidak sampai 50 meter. Tapi cukup indah untuk kita nikmati. kenapa dinamakan curug ngumpet mungkin karena letaknya yang masih agak terpencil. Jadi Namanya Curug Ngumpet deh.... Hehehehe.... area curug ini juga bisa dijadikan tempat berkemah,


Didepan pintu masuk curug ngumpet ada jalur pendakian ke Kawah Ratu, perjalanan ke sana berjarak 14 kilometer dengan berjalan kaki, ( Kata mamang penjaganya ), karena saya kesana sudah sore jadi tidak bisa kesana next time mau coba, karena perjalanannya cukup jauh dan berbahaya.
jangan lupa perhatikan papan - papan peringatan demi keamanan dan keselamatan kita yah guys!!

Tidak banyak curug yang saya kunjungi karena waktu yang sudah mulai gelap, jadi kalo kesana disarankan dari pagi,biar bisa semua keindahan curug dapat didatangi, dan bawa makanan yang cukup karena disini gak ada minimarket hehehe....
untuk yang mau nginap dan merasakan udara segar disini juga banyak disewakan Villa, atau Homestay penduduk. untuk kisaran tarif nego sendiri ajah yah heheh...

jangan lupa untuk tetap jaga kebersihan jangan pernah tinggalkan sampah dilokasi wisata, dan selalu menjaga alam, sehebat apapun kamu jangan pernah menangtang alam dan utamakan keselamatan diri.

#salam dari saya yang suka jalan jalan

jangan bosen untuk baca yah .... see you next trip guys!!!













Komentar