Kawah Ratu Gunung Salak

Weekend di Kawah Ratu - Gunung Salak Bogor

Weekend bingung mau kemana ? Tiba tiba itu yang terlintas dalam pikiran saya, secara kemarin habis libur panjang setelah lebaran, refresh pikiran gak usah terlalu jauh, dibogor ajah. Baruntung tinggal dikota ini, kaya akan pemandangan yang indah, tempat wisata, mall, kuliner, dan masih banyak lagi. Tinggal pilih mau kemana.

Minggu ini  saya memilih Kawah Ratu di daerah gunung Bunder yang saya kunjungi, bersama ke 4 sahabat  yang memang hobi jalan. memulai perjalanan dari Rumah yang kebetulan didaerah parung pada pukul 09 : 30 WIB,  lama perjalanan kurang lebih 1 jam, karena jalan ke Gunung bunder bebas dari macet.


 Sampai di pintu masuk kawasan, tarif masuk Rp. 25.000, includ 2 orang, dan motor.
Ini hanya tiket masuk kawasan gunung bunder belum termaksud tiket masuk kebeberapa curug yang ada dikawasan ini.

 Setelah sampainya kami dikawasan gunung bunder masih harus masuk lagi sekitar 2 km ke pintu pendakian, yang disebut Pasir rengit lokasinya dekat sebelum Curug Ngumpet, dari parkir motor 500 meter berjalan kaki, bila mau parkir didepan pintu pendaftaran bisa namun jalannya agak susah.



Tibalah kami di pintu masuk pendakian kawah ratu, Kawah Ratu bisa di lalui melalui 2 jalur pendakian yang pertama bisa lewat Cidahu - Sukabumi dan kalo kalian orang Bogor lebih dekat lewat Pasir Reungit yang berada dikawasan Gunung Bunder.
harga izin masuk hanya Rp. 10.000 / orang + Materai Rp. 6.000.
bila belum pernah ada yang kesana harus menggunakan Guide, harga jasa Guidenya lumayan mahal mereka buka harga Rp. 200.000. Pinter - pinter dinego ajah.

Perjalanan dari Pasir Rengit ke puncak kawah memakan waktu 4 jam pp dengan jalan santai, bila jalan cepat 1 1/2 jam juga sampai, trek yang dilalui cukup menangtang jalan setapak, jalur yang lembab bahkan ada beberapa jalur yang memang jalannya air, jadi kita harus menerobos air, ditambah licinnya bebatuan, harus hati hati yah, disarankan menggunakan celana pendek dan pakai sandal gunung saja biar gak repot kalo basah. oh iya mengingar cuaca saat ini tidak bisa diprediksi, tidak ada salahnya bawa baju ganti atau jas hujan bila sewaktu waktu hujan turun kita dah siap basah.

Kawah Ratu merupakan kawah yang masih aktif, dikawasan Gunung Salak, memiliki ketinggian kurang lebih 900 Mdpl, bahkan banyak yang mengaggap bahwa kawah ratu dianggap tempat keramat dan berbahaya bagi warga dan para pendaki, karena asap belerang yang keluar dapat meracuni paru-paru, bahkan samapai pernah terjadi korban jiwa karena terlalu lama menghirup asap dari kawah tersebut. mungkin karena itu kawah ini terkenal angker dan banyak cerita mistis. ya percaya tidak percya sebaiknya kita saling menghormati dan berlaku sopan.



Berjalana cepat membuat saya dan teman teman sampai lebih awal dari estimasi yang diberikan, tibalah kami di kawah mati yang merupakan puncak kawah ke dua, yang utama masih jauh lagi yah jangan seneng dulu... hahaahhahaa.

Jalan yang mulai menanjak dan menuruni bebatuan, ditambah jalan yang licin, jangan asal menempatkan pijakan yah karena berbahaya.
20 menit dari Puncak mati sampailah kami di kawah Ratu....


Wooow menghirup bau belerang yang kadang tercium dan kadang tidak karena ke bawa angin , pemandangan ini luar biasa cantiknya.
ciptaan yang maha kuasa dari dasar tanah dan bebatuan bisa mengeluarkan asap hihihi ada yang masak kali didalam.inilah ciptaaan-Nya yang saat ini kembali kami nikmati, keidahan alam yang sedap dipandang mata, dibalik jalan yang sulit, jalan yang jelek dan susah dilalui ada tempat yang begitu indah.


berdiri diatas batu dalam hati berkata " Ini masih Bogor, indahnya, beruntungnya saya dibesarkan dan dilahirkan dikota ini, yang memiliki banyak tempat yang indah untuk dikunjungi".




Sesampai dikawah langsung berfoto, makan ( dah siap bekal dari rumah ) dan sambil istirahat menikmati pemandangan. tanpa disadari cuaca sudah mulai berubah mendung, bergegas turun agar tidak kehujanan dijalan, tapi kenyataan tidak sesuai harapan. Hujan pun turun akhirnya hujan - hujanan, tapi maafkan aku teman aku selalu siap sedia jas Hujan jadi gak basah deh.
 


Perjalanan pulang dengan basah - basahan dan kotor karena jatuh bangun tapi tidak untuk orang yang hati - hati, makanya buat kalian perlu perhitungan dan bisa menguasai keseimbangan agar kaki mampu menopang tubuh, jangan asal napak ajah yah ! dan inget jangan meninggalkan sampah, dilokasi wisata, kesadaran akan kebersihan masih sangat minim.

Menjaga kelestarian alam dari hal kecil berdampak besar untuk kelangsungannya kelak.

Terima kasih menyempatkan untuk membaca artikel saya dan jangan lupa bahagia merupakan obat untuk tubuh yang sehat.

Jangan Lupa Bahagia yah !!!

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/aryani_leksonowati/kawah-ratu-gunung-salak-keindahan-yang-eksotis-dan-penuh-mistis_54f7ff09a333116a608b4870




Komentar